Kamis, 05 Februari 2015

Pengaruh Masuknya Hindu-Budha di Indonesia

Hindu-Budha masuk, banyak memberikan perubahan dan penambahan budaya Indonesia. Banyak aspek yang dipengaruhi, yaitu;

a. Aspek Agama
   Disaat masa sejarah mulai, kepercayaan yang banyak dianut oleh masyarakat Indonesia adalah Animisme atau Dinamisma. Saat bangsa india datang dan membawa budaya dan agama Hindu-Budha hal ini banyak merubah kepercayaan bangsa Indonesia mejadi beragama atau menganut Hindu-Budha. Hal tersebut turut merubah pola pikir masyarakat Indonesia dalam hal cara beribadah, tata krama, acara-acara pemujaan sampai bentuk bangunan pemujaannya

b. Aspek Pemerintahan
    Sistem pemerintahan kerajaan merupakan suatu sistem pemerintahan yang disebarkan oleh Bangsa India yang datang ke Indonesia. Sistem pemerintahan ini mengumpulkan kelompok kelompok kecil dalam suatu masyarakat yang memiliki wilayah dan menggabungkan wilayahnya menjadi wilayah yang luas dimana kelompok ang terkuat dan terhebat dapat mengambil kekuasaan dalam pemerintahan tersebut. Maka terbentuklah Kerajaan-kerajaan seperti Kutai, Tarumanegara,dll.

c. Aspek  Arsitektur
    Pada zaman prasejarah Indonesia sudah mengenal arsitektur pada zaman megalitikum. dilihat dari hasil budayanya seperti punden berundak sebagai bangungan ibadah. Saat India masuk mereka juga mengenalkan bangunannya seperti pembangunan candi. Hal tersebut dapat dilihat dari salah satu peninggalan kerajaan yaitu Candi Borobudur

d. Aspek Bahasa
    Kerajaan Hindu-Budha juga memperkaya budaya berbahasa Indonesia dengan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. Banyak kata-kata yang kita pakai merupakan serapab dari bahasa sansekerta tersebut. Contohnya: Dasa Dharma, Kartika Eka Paksi dll.

e, Aspek Sastra
   India mempengaruhi perkembangan Bangsa Indonesia dalam hal sastra. Mereka membawa Kitab Ramayan dan Mahabrata yang sangat terkenal. Karya yang luar biasa tersebut memicu para pujangga Indonesia untuk menciptakan karyanya sendiri-sendiri.

1.       Arjunawiwaha, karya Mpu Kanwa
2.       Sotasoma, karya Mpu Tantular, dan
3.       Negarakertagama, karya Mpu Prapanca


Sumber: http://rahmandiligent.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar